11 Ban Motor Terbaik 2021 Serta Tips Memilihnya

11 Ban Motor Terbaik 2021 Serta Tips Memilihnya
October 13, 2021 by cueng

Weareonetogether.org - Memilih ban sepeda motor terbaik tidak boleh diabaikan, karena ban sepeda motor merupakan salah satu komponen sepeda motor yang paling vital dan perlu perawatan khusus. Ban sepeda motor harus dirawat agar awet dan tahan lama saat digunakan.

Oleh karena itu, ban sepeda motor terbaik harus dipilih sejak awal, agar perawatannya mudah dan dapat digunakan dalam jangka panjang. Ban sepeda motor sangat mempengaruhi performa berkendara. Bahkan sepeda motor dengan mesin yang bagus pun tidak akan nyaman digunakan jika menggunakan ban sepeda motor yang asli dan tidak sesuai.

Ada banyak jenis ban di pasaran, mulai dari ban tubeless hingga ban IRC. Anda dapat memilih ban terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan memilih ban motor terbaik, Anda akan lebih fleksibel dan percaya diri dalam berkendara. Lantas bagaimana cara memilih ban motor terbaik di Indonesia dan apa saja rekomendasi merek ban terbaik? Yuk simak ulasan berikut ini.

Tips Memilih Ban Motor Terbaik

Seperti hendak memilih asuransi mobil terbaik 2021, begitu juga ketika memilih Ban motor, anda harus mengetahui beberapa tips penting. Karena hal ini sebagai upaya awal dalam perawatan dan perawatan ban sepeda motor agar awet, tentunya ban sepeda motor yang terbaik harus dipilih.

Jika pemilihan ban motor sudah tepat sejak awal, maka Anda akan lebih mudah melakukan segala bentuk perawatan ban mulai dari sekarang. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih ban motor terbaik untuk tahun 2021.

1. Pilih Ban Sesuai Tipe atau Jenis Motor

Tips memilih ban motor terbaik yang pertama adalah memilih ban sesuai dengan tipe atau tipe motor yang anda miliki. Ban sepeda motor akan nyaman dan nyaman digunakan bila sesuai dengan peruntukannya.

Misalnya motor yang Anda miliki adalah motor balap, jadi pastikan Anda memilih ban motor terbaik yang cocok untuk balap motor. Begitu juga saat menggunakan sepeda motor, pilihlah ban sepeda motor yang sesuai dengan jenis sepeda motornya.

2. Sesuaikan Ban Motor dengan Kebutuhan

Tips memilih ban motor terbaik kedua adalah sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda perlu mengetahui kebutuhan sepeda motor apa yang Anda miliki, apakah sepeda motor tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan wisata. Kebutuhan yang berbeda akan mempengaruhi pemilihan ban sepeda motor.

3. Pilih Ban Motor Terbaik dari Desain Alur atau Motif yang Cocok

Saat memilih ban sepeda motor terbaik, Anda juga perlu memperhatikan desain alur dan trim yang sesuai. Pilihan lekukan dan lekukan ban dapat dimodifikasi sesuai dengan kondisi jalan yang biasa dilalui, apakah tergolong berbatu, tidak rata atau basah.

Bagi Anda yang sering berkendara di jalan basah dengan hujan lebat, maka pilihlah ban dengan lekukan yang lebih rapat agar sepeda motor tidak mudah selip.

Namun, jika jenis jalan yang Anda tempuh kering dan panas, pilihlah ban sepeda motor yang memiliki daya cengkeram tinggi dan tahan panas tinggi. Dan jika jalan yang dilalui sering berpasir atau berbatu, pilihlah ban off-road agar lebih aman dan nyaman saat berkendara.

4. Pastikan Ukuran Ban Motor Sesuai

Selanjutnya, Anda juga perlu memastikan ukuran ban sepeda motor yang Anda pilih benar-benar sesuai. Pastikan ukuran ban sesuai dengan ukuran pelek sepeda motor.

Oleh karena itu, ukur dulu ban dan pelek sebelum menggunakannya. Pasalnya, ukuran ban sepeda motor yang tidak tepat dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan di jalan raya.

5. Pertimbangkan Ketebalan Ban Sebelum Membeli

Ketebalan ban sebelum membeli merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan sebelum membeli ban sepeda motor. Pilih ketebalan rangka yang sesuai dan sesuai dengan jenis mesin.

Ada beberapa jenis sepeda motor yang cocok untuk ban dengan ketebalan tinggi, tetapi ada juga jenis sepeda motor yang lebih cocok untuk ban dengan ketebalan sedang. Namun hindari ban yang terlalu tipis karena dapat mempengaruhi performa sepeda motor di jalan.

6. Perhatikan Tahun Pembuatan Ban

Penting juga untuk memperhatikan tahun pembuatan ban. Tanggal produksi ban sepeda motor harus dicantumkan pada ban dengan menggunakan kode unik. Kode unik ini dapat memberi tahu Anda kapan ban diproduksi. Semakin lama ban diproduksi, maka kualitas ban juga akan semakin rendah. Jadi pilihlah ban motor terbaik tahun pembuatan terbaru untuk performa maksimal.

7. Pilih Merk Ban Motor Terbaik yang Sudah Terpercaya

Terakhir, pilih ban motor terbaik 2020 dari merek ternama dan terpercaya. Ban dengan merek terkenal umumnya memiliki kualitas dan kontrol yang lebih baik. Performa ban motor merek ternama juga tidak perlu diragukan lagi. Secara umum merek ban sepeda motor terbaik sudah dikenal masyarakat baik di Indonesia maupun di dunia.

Ada banyak merk ban motor ternama seperti IRC, Bridgestone, Pirelli, FDR, dll. Anda bisa memilih salah satunya untuk motor kesayangan Anda.

Rekomendasi Merk Ban Motor Terbaik

Setelah mengetahui cara memilih ban motor terbaik, baik untuk jenis ban matic, slow maupun racing, selanjutnya Anda perlu mengetahui rekomendasi merk ban motor yang terpercaya. Nah, berikut ini adalah daftar merk ban motor terbaik yang perlu diperhatikan.

1. Michelin

Ban dengan merk Michelin merupakan salah satu ban yang kualitasnya sudah teruji di Indonesia. Harganya memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan ban merek lain, namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Ban ini dikenal tahan lama dan tangguh di berbagai medan jalan. Secara umum harga ban Michelin mulai dari Rp 500.000 untuk ukuran 120/70-13 inci.

2. IRC (Inoue Rubber Company)

Merek ban IRC juga sudah terkenal, baik di Indonesia maupun di dunia. IRC adalah ban Jepang yang dibuat untuk berbagai kebutuhan dan penggunaan sepeda motor. Namun ban IRC lebih cocok untuk sepeda motor tipe matic.

Meski berkualitas tinggi, ban sepeda motor IRC ditawarkan dengan harga yang tidak terlalu mahal. Harga satu ban IRC mulai dari Rp. 135 ribu rupiah. 500 ribu.

3. Pirelli

Merek ban sepeda motor terbaik kedua yang direkomendasikan adalah Pirelli. Merek ban yang satu ini memang sudah tidak asing lagi di telinga. Pirelli sangat cocok untuk motor harian. Rangka ini juga cocok digunakan pada skuter atau skuter matik. Tak hanya itu, Pirelli juga kerap digunakan di ajang balap motor di dunia.

4. Dunlop

Dunlop merupakan ban yang sangat populer di Indonesia. Bahkan pabrikan ban Dunlop sudah ada sejak tahun 1889 di Inggris. Kemudian dari tahun 1958 hingga 1970 ban Dunlop digunakan untuk mobil Formula 1 atau Formula 1. Dengan karir yang begitu panjang, tidak mengherankan jika Dunlop menjadi salah satu merek ban sepeda motor yang paling direkomendasikan.

5. Bridgestone Battlax

Bagi Anda yang mencari ban motor tubeless paling awet, Bridgestone Battlax bisa menjadi pilihan. Bridgestone Battlax buatan Jepang merupakan salah satu merk ban premium di Indonesia.

Kualitas tidak perlu diragukan lagi, karena ban terbaik sudah teruji dan terbukti cocok untuk segala musim dan medan. Inilah yang membuat harga Bridgestone Battlax begitu tinggi. Untuk harga satu ban, Bridgestone Battlax dibanderol Rp 600.000 hingga Rp 1,3 juta.

6. Aspira

Merek ban motor rekomendasi selanjutnya adalah Aspira. Ban sepeda motor ini sudah sangat terkenal dan terkenal di Indonesia. Aspira dapat melintasi berbagai jenis medan jalan dan memiliki ketangguhan yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Kabar baiknya adalah bahwa ban berkualitas tinggi ini sangat murah, dan Anda bisa mendapatkannya mulai dari Rp. 159 ribu.

7. Corsa

Memilih merek terbaik ban motor yang sama-sama mumpuni adalah Corsa. Ban sepeda motor ini diproduksi oleh PT Multistrada Arah Sarana yang juga memproduksi ban mobil Achilles. Corsa memiliki daya cengkeram yang baik sehingga cocok untuk digunakan di jalan atau jalan basah atau kering. Ban ini juga dikenal tahan lama dan tahan panas.

8. FDR

FDR juga merupakan salah satu merek ban mobil yang kami rekomendasikan. FDR memiliki kualitas yang baik dengan ketahanan yang tinggi. Ban sepeda motor terbaik juga dilengkapi dengan teknologi komposit yang memiliki daya cengkeram tinggi dan tingkat stabilitas yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Tidak hanya itu, ban sepeda motor FDR juga cocok digunakan di jalan basah karena dilengkapi dengan teknologi hydro-drive.

9. Metzeler

Kemudian, Anda juga bisa memilih merk ban motor Metzeler yang sudah terbukti kualitasnya. Metzeler yang berdiri sejak tahun 1892 terus berupaya meningkatkan kualitas guna mendapatkan performa terbaik. Ban sepeda motor ini menggunakan teknologi multi zone tensioning dan multi radius lingkar, cocok untuk semua jenis sepeda motor di berbagai medan.

10. Zeneos

Rekomendasi ban motor terbaik kedua adalah Zeneos. Zeneos adalah ban sepeda motor produksi dalam negeri. Meski demikian, kualitas dan performa Zeneos tidak kalah dengan ban motor merek lain yang didatangkan dari luar negeri.

Zeneos ditawarkan dengan harga terjangkau dengan spesifikasi mumpuni. Ban ini memberikan kenyamanan berkendara dengan dukungan teknologi ACG dan HSG. Untuk ban pertama, harga Zeneos mulai dari Rp 250 ribu.

11. Swallow

Terakhir, Anda bisa memilih ban motor terbaik dari merek Swallow. Ban sepeda motor ini memiliki keunikan pada lekukan dan lekukannya yang berbeda dengan ban merek lain. Dengan karakteristiknya yang unik, Swallow tetap memberikan kenyamanan dan performa yang baik saat berkendara. Ban ini cocok digunakan di musim panas dan hujan. Dari segi harga, Swallow merupakan frame yang cukup terjangkau.

Ciri-ciri Ban Motor Perlu Diganti

Sudah tahu apa saja merk ban motor terbaik yang layak digunakan? Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui cara merawat ban sepeda motor yang benar. Salah satunya adalah rutin membersihkan dan mengecek tekanan ban.

Juga, pastikan untuk mengganti ban yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk menghindari kecelakaan di jalan secara teratur. Jadi bagaimana Anda tahu ban sepeda motor mana yang perlu diganti? Berikut ciri-cirinya.

1. Alur Kembang Ban Motor “Botak”

Ban yang botak atau botak sebaiknya segera diganti. Ban sepeda motor dalam kondisi seperti ini sangat berbahaya bila dipaksakan melaju di jalan raya. Ban sepeda motor yang botak dapat menyebabkan sepeda motor terpeleset dan menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, pastikan untuk segera mengganti ban sepeda motor yang botak atau botak.

2. Ban Terasa Keras saat Melewati Jalan Rusak

Ciri ban sepeda motor selanjutnya yang harus diganti adalah ban yang benar-benar terasa kaku saat melewati jalan rusak. Pada umumnya saat ban sudah tidak layak pakai, Anda akan merasakan sensasi kasar pada ban. Ini karena lekukan ban sudah menjadi lemah, bahkan botak.

3. Jarak Tempuh Telah Mencapai 10.000 Kilometer

Setelah itu, ban sepeda motor juga harus diganti bila sudah mencapai 10.000 km. Perlu Anda ketahui bahwa jarak tempuh juga dapat mempengaruhi kondisi dan performa ban. Secara umum, jarak tempuh normal ban baru adalah 10.000 hingga 12.000 km. Jadi ketika saya telah menempuh lebih dari jarak itu, ban mulai menunjukkan tanda-tanda ketidakcocokan.

Namun, ban sepeda motor mungkin perlu diganti sebelum 10.000 km karena sering digunakan untuk bepergian di jalan yang buruk. Seperti jalan berpasir, berlubang, atau jalan bergelombang.

4. Ban Terasa Goyang saat Menikung

Ciri lain yang menandakan bahwa ban sepeda motor harus diganti adalah ketika ban terasa goyang saat menikung. Saat melewati jalan yang berkelok-kelok, Anda akan merasakan sensasi ban kempes atau kehabisan udara. Padahal tekanan ban saat dicek benar-benar normal. Hal ini umumnya terjadi karena berkurangnya traksi ban.

Untuk menghindari situasi yang lebih serius, ban sepeda motor harus segera diganti dengan yang baru. Hindari memaksakan diri menggunakan ban yang tidak sepadan dengan repotnya karena bisa menyebabkan kecelakaan.

5. Tanda TWI Terlihat Samar

Anda perlu memperhatikan TWI atau Tread Wear Indicator pada ban sepeda motor. Ketika tanda TWI mulai memudar, berarti sudah waktunya untuk mengganti ban sepeda motor. Tanda TWI adalah tanda yang menonjol pada tapak ban. Pada umumnya di sekitar rambu ini terdapat panduan berbentuk segitiga yang akan memudahkan Anda untuk menemukan rambu TWI. Jadi, pastikan selalu cek tag TWI ya!

6. Ada Garis Retakan pada Ban

Selain ban sepeda motor yang botak, ada kondisi lain yang mengharuskan Anda segera mengganti ban sepeda motor, yakni saat terjadi keretakan pada ban. Meski lekukan ban masih terlihat jelas, namun jika ada retakan, tetap perlu dilakukan penggantian ban sepeda motor. Retak pada ban tersebut dapat menyebabkan ban bocor dan meledak, yang tentunya membahayakan keselamatan berkendara.

7. Ban Sudah Melewati Masa Layak Pakai

Ciri yang menunjukkan bahwa ban sepeda motor harus segera diganti adalah ketika ban tersebut telah melampaui masa pakainya. Meskipun ban sepeda motor jarang lebih tahan lama secara umum, ban sepeda motor masih memiliki umur. Dalam penggunaan normal ban sepeda motor, umur ban adalah 6-10 tahun. Setelah jangka waktu tersebut, kualitas ban karet akan menurun. Oleh karena itu, Anda harus segera mengganti ban sepeda motor yang sudah melebihi usia minimal.

Ini dia 11 rekomendasi ban motor terbaik lengkap dengan tips memilihnya. Jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin pada ban sepeda motor agar ban lebih awet saat digunakan. Anda juga perlu memeriksa kondisi ban secara berkala untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan saat berkendara.