Inilah 5 Produk untuk Menabung di Bank Tanpa Potongan Bulanan

Inilah 5 Produk untuk Menabung di Bank Tanpa Potongan Bulanan
October 13, 2021 by mardi

Weareonetogether.org - Tabungan merupakan salah satu produk perbankan yang paling diminati oleh masyarakat. Sayangnya, tidak semua orang dapat benar-benar mengetahui produk tabungan atau layanan rekening apa yang mereka inginkan atau butuhkan.

Beberapa pertimbangan seseorang ketika membuka tabungan atau rekening bank adalah keamanan dan aksesibilitas atau kemudahan akses. Pertimbangan lainnya adalah biaya pengelolaan bulanan yang berbeda di setiap bank, bahkan di setiap produk tabungan di bank yang sama.

Bagi Anda yang ingin membuka rekening tabungan di bank, Anda harus terlebih dahulu memahami ukuran transaksi yang akan Anda lakukan. Oleh karena itu, jangan merasa menyesal ketika harus membayar biaya pengelolaan bulanan yang harus dibayarkan ke bank.

Sering terjadi nasabah dengan transaksi token yang cenderung kecil memilih produk tabungan dengan biaya administrasi yang cenderung besar. Akhirnya nasabah bingung karena alih-alih menambah uang tabungan, justru tergerus biaya administrasi.

Namun perlu diketahui bahwa banyak bank yang menawarkan layanan pembukaan rekening tanpa biaya administrasi. Dengan demikian, Anda dapat menabung di bank tanpa potongan bulanan.

Pada postingan sebelumnya, kami telah membahas cara pinjam di Finmas pinjaman online terbaik, kali ini kami akan mengulas tentang daftar bank yang tidak ada potongan bulanan dan bagus untuk menabung. Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. TabunganKu

Tabunganku adalah jenis rekening yang memiliki persyaratan paling mudah untuk pembukaan rekening dari berbagai rekening di Indonesia. Bahkan, anak-anak berusia antara 12 hingga 17 tahun yang tidak memiliki NIK dapat mendaftar untuk membuka rekening tabungan jenis ini.

Jenis rekening ini diluncurkan pada tahun 2010. Saat itu, Bank Indonesia berharap dengan diluncurkannya program tabungan ini dapat meningkatkan tingkat penetrasi layanan keuangan di Indonesia.

Oleh karena itu, persyaratan pembukaan rekening tabungan cenderung lebih sederhana. Bank Indonesia juga telah membuat ketentuan yang harus dilaksanakan oleh setiap bank yang menyelenggarakan simpanan jenis ini.

Berikut adalah beberapa fitur dari rekening TabunganKu saya:

  • Bebas biaya administrasi bulanan, penggantian buku dan penarikan.
  • Buka rekening dengan setoran awal minimal Rp 20.000 (bank umum) dan Rp 10.000 (BPR/Syariah).
  • Setoran tunai minimal Rp 10.000. Saldo minimal Rp20.000 (bank umum) dan Rp10.000 (BPR/Syariah).
  • Biaya penalti untuk saldo idle adalah Rp2.000 per bulan (bank umum) dan Rp1.000 per bulan (BPR/Syariah).
  • Saldo tidak aktif adalah akun yang tidak memiliki transaksi (negatif) selama enam bulan berturut-turut.
  • Minimal tarik tunai di loket adalah Rp100.000 (bank umum) dan Rp50.000 (BPR/Syariah).
  • Biaya penutupan akun sendiri adalah Rs. 20.000 (bank umum) dan Rs. 5000 (BPR/Syariah).
  • Ada bunga dan bonus deposit.

Bank-bank besar membuat tabungan semacam ini. Bahkan, beberapa BPR juga menyediakan layanan tabungan bagi Anda yang membutuhkan rekening tanpa biaya pengelolaan tersebut.

Namun ada beberapa ketentuan, misalnya biaya transfer, tarik tunai, pembayaran melalui rekening tabungan dan biaya lainnya yang bisa diatur oleh masing-masing bank.

Untuk BCA misalnya, produk TabunganKu memiliki keterbatasan fitur seperti setor dan tarik tunai, cek saldo dan transfer yang hanya dapat dilakukan di kantor cabang dan ATM BCA.

Selain itu, jumlah transaksi diskon bulanan hanya bisa empat kali. Jika lebih dari itu, akan dikenakan biaya transaksi.

2. Octo Savers CIMB Niaga

Octo Savers adalah produk layanan tabungan digital dari Bank CIMB Niaga. Tidak hanya bebas biaya administrasi bulanan, produk ini bisa dibuka tanpa biaya administrasi tanpa harus ke kantor cabang.

Calon nasabah dapat membuka rekening melalui aplikasi di smartphone atau smartphone. Di situs resmi CIMB Niaga dijelaskan, berikut gratis biaya pengelolaan bulanan.

Octo Savers juga bebas dari biaya tarik tunai di ATM bank lain, biaya transfer ke bank lain hingga biaya top up e-wallet untuk jumlah transaksi tertentu.

Berikut syarat dan ketentuan pembukaan rekening CIMB Niaga Octo Savers:

  • Persyaratan pembukaan rekening tabungan dengan memiliki setoran awal e-KTP minimal Rp100.000
  • Saldo minimal deposit adalah Rp 50.000
  • Bukti kepemilikan tabungan menggunakan rekening koran elektronik
  • Jika Anda melakukan transaksi melalui counter teller, dikenakan biaya sebesar Rs. 10.000 per transaksi dan akan didebet secara otomatis oleh sistem keesokan harinya, kecuali setoran awal.
  • Jika rekening tabungan tidak aktif selama 6 bulan, rekening dorman akan dikenakan biaya Rp 5.000 per bulan.

3. PermataME

PermataME adalah produk layanan tabungan digital dari Bank Permata. Seperti produk perbankan digital lainnya, tabungan jenis ini menawarkan keleluasaan dalam proses pembukaan rekening baik secara digital maupun tradisional serta bertransaksi secara online dan offline di berbagai toko yang menerima pembayaran dengan kartu PermataME.

dan/atau rekening tabungan debet langsung untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan nasabah. Berikut rincian biaya PermataME dan limit transaksi:

  • Mulai 1 Mei 2020, berlaku biaya kurang dari Rp 5.000 per bulan jika saldo rata-rata bulan sebelumnya kurang dari Rp 1.000.000
  • Ongkos Kirim Rekening Giro/Nomor Pelanggan (CIF) Rp 10.000
  • Biaya penggantian kartu PermataME karena kehilangan Rp 15.000
  • Biaya Penutupan Rekening Rp 0 Biaya Transfer Online melalui ATM Permata Mini Rp 7500
  • Biaya dormant (rekening tanpa transaksi selama 12 bulan berturut-turut), rekening akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 10.000/bulan.

4. Bank Jago

Bank Jago merupakan bank digital yang menawarkan berbagai layanan perbankan yang dapat diakses nasabah melalui smartphone. Tidak hanya layanan tabungan yang diberikan di bank tanpa diskon bulanan, masih banyak layanan gratis lainnya seperti pembukaan rekening, penutupan rekening dan tidak ada biaya rekening dormant.

Selain itu, juga tidak ada ketentuan saldo awal saat membuka rekening. Diharapkan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2025 Berikut cara membuka rekening di Bank Jago:

Unduh aplikasi Jago melalui App Store atau Google Play Store. Nasabah harus memiliki smartphone dengan standar minimal yang dipersyaratkan oleh bank dan memiliki nomor handphone Indonesia yang aktif dan valid khusus untuk satu nasabah untuk dapat menerima SMS yang dikirimkan oleh bank

Unggah informasi KTP dan NPWP berupa gambar menggunakan smartphone sesuai permintaan di aplikasi Jago

Jika NPWP tidak tersedia, dapat diunggah nanti setelah pelanggan menyelesaikan proses pendaftaran. Jika informasi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) tidak diberikan kepada bank selama proses pendaftaran, informasi tersebut harus disampaikan kepada bank melalui aplikasi Jago dalam daftar dokumen setelah bank menyetujui pendaftaran.

Setelah proses registrasi selesai, pelanggan perlu melakukan aktivasi Jago melalui video call atau kantor cabang. Semua transaksi lainnya, termasuk penarikan dan/atau transfer dari Kantong Jago hanya dapat dilakukan setelah Bank menyelesaikan proses verifikasi sesuai dengan ketentuan Bank dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk artikel selengkapnya tentang cara membuka rekening bank digital Jenius di Bank Jago, Anda dapat mengakses tautan berikut.

5. Digibank DBS Bank Indonesia

Produk Digibank dari DBS Indonesia menawarkan gratis biaya pengelolaan rekening bulanan untuk setiap rekening dengan jumlah tabungan sama dengan atau lebih besar dari Rp 5 juta.

Sedangkan jika nominal tabungan di rekening kurang dari Rp5 juta, akan dikenakan biaya pengelolaan sebesar Rp10.000 setiap bulannya. Tidak hanya layanan tabungan, DigiBank juga menyediakan banyak layanan investasi, mulai dari produk reksa dana hingga obligasi.

Berikut rincian biaya administrasi Digibank:

  • Transfer uang secara real time online (RTOL), SKN dan RTGS melalui aplikasi digibank:
  • Untuk Saldo Bank Digital (0 - 999.999 INR)
  • Biaya RTOL: Rp 5.000 - Biaya SKN: Rp 2.900
  • Biaya RTGS: Rp 20.000,-
  • Untuk saldo digibank Rp 1.000.000
  • Real-time online gratis melalui ATM 6500 rupee
  • Biaya Administrasi Saldo Digibank 0 - Rp4.999.999,-:
  • Rp 10.000
  • Setiap saldo bank digital bulanan > = Rp5.000.000,-:

Gratis tarik tunai / Gratis cek saldo saat menggunakan ATM DBS, melalui jaringan ALTO / ATM Bersama / PRIMA / Visa / PLUS Gratis biaya tarik tunai untuk 5 (lima) transaksi pertama setiap bulan, untuk transaksi berikutnya Rs 7500, biaya Saldo Cek adalah 4000 rupiah.