Cara Merawat Mobil Avanza Manual Agar Awet

Cara Merawat Mobil Avanza Manual Agar Awet
September 04, 2021 by cueng

Mobil sejuta umat, itulah yang orang sebut sebagai kembaran Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Pasalnya, mobil yang pertama kali diperkenalkan pada 2003 itu banyak dimiliki masyarakat Tanah Air, baik perkotaan maupun pedesaan. Namun banyak yang mengabaikan cara merawat mobil avanza manual agar tetap awet.

Tapi anehnya, meski dibuat di pabrik yang sama milik Daihatsu, Avanza justru lebih terkenal dari Xenia. Bahkan ada yang mengatakan bahwa Avanza dan Xenia masih berbeda dalam proses pembuatannya.

Meski menjadi salah satu model mobil yang paling populer, dan tentunya berbicara tentang kendaraan, hal yang perlu diingat adalah perawatannya. Sebab, seberapa sering mobil digunakan atau tidak, tetap membutuhkan perawatan rutin.

Menurut ahli Arman seorang pekerja teknisi mobil di salah satu perusahaan asuransi mobil terbaik di Medan, setidaknya ada beberapa jenis perawatan dan cara merawat mobil avanza manual yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Panaskan Mesin Setiap Pagi

Tips pertama untuk cara merawat mobil avanza manual yaitu dengan Pemanasan mesin ditujukan untuk aliran oli yang optimal ke dalam komponen terkecil dari mesin mobil. Waktu pemanasan mesin adalah 5-10 menit sebelum mobil akhirnya dibawa untuk menemani aktivitas.

2. Ganti Oli Rutin

Oli berfungsi sebagai pelumas pada mesin agar gesekan pada komponen mesin menjadi halus dan tidak berbenturan. Namun, oli harus diganti secara berkala setelah beberapa bulan pemakaian agar mesin mobil menjadi lebih awet dan tahan lama.

Hindari penggunaan oli yang murah, juga dikenal dengan istilah “murah”, karena oli jenis ini justru akan memperpendek umur mesin mobil Anda. Yang terbaik adalah menggunakan oli mesin berkualitas tinggi dan teruji. Meski harganya cukup mahal, namun diyakini oli mesin yang berkualitas membuat mesin lebih awet dan tahan lama.

3. Mengganti Komponen Lain

Avanza memiliki banyak komponen, antara lain: sistem bahan bakar, oli mesin, timing belt, oli roda gigi, minyak rem, dan masih banyak lagi. Komponen ini juga perlu mendapat perhatian khusus untuk cara merawat mobil avanza manual, yaitu dengan mengganti setiap komponen secara berkala, misalnya setahun sekali.

Salah satu komponen yang bisa sedikit merepotkan adalah baterai atau aki. Aki mobil dibagi menjadi dua jenis, aki basah dan aki kering. Sistem kerja kedua baterai ini sedikit berbeda. Dimana baterai alkaline lebih akurat dibandingkan baterai kering. Namun dalam hal perawatan, aki kering jauh lebih mudah dirawat daripada aki basah.

4. Membersihkan Filter Udara

Merawat filter udara pada AC mobil juga sangat penting agar kotoran tidak menumpuk di bagian filter. Sehingga sirkulasi udara dari AC mobil lancar, kabin mobil terasa sejuk dan sejuk.

Gumpalan kotoran pada filter udara dapat merusak komponen lain pada AC mobil. Selain itu, performa mobil juga akan menurun secara bertahap yang pada akhirnya dapat berdampak langsung pada bagian mesin mobil itu sendiri.

5. Mengecat Mobil Bila Sudah Pudar

Cara merawat mobil avanza manual agar tetap awet yaitu dengan mengecetnya. Mobil yang sudah dipakai bertahun-tahun pasti akan aus dengan sendirinya. Oleh karena itu perlu dilakukan pengecatan ulang mobil agar mobil tetap stylish dan modern walaupun sudah tua. Di balik cat mobil, Anda juga harus rajin membersihkan bagian luar mobil terutama bodywork agar warna cat awet dan tahan lama.